Flash Message

RECOVER_Untitled-1_20130321212039

Jumat, 07 September 2012

How to make a mini rocket

Langsung saja ... cekidot
klick yang di bawah ini
Bahan-bahannya juga relatif mudah diperoleh (soda kue, asam citrat, air, botol bekas tempat film, plastik/kertas untuk badan roketnya, selotip, alat tulis, gunting). Yang lumayan susah mencari bekas tempat film…bongkar-bongkar cuman dapet 2 buah saja :)
Ayah menambah sedikit modifikasi pada percobaan ini, agar lebih menarik. Anak-anak diajak membuat badan roketnya dari kertas dan plastik bekas pembatas buku agenda. Mereka sibuk membuat pola, menggunting, menempel bagian-bagian roketnya.
Untuk membuat badan roket tidak bisa asal-asalan, karena harus diukur sesuai dengan tempat bekas film yang nantinya digunakan sebagai alat ‘peluncur roket’. Jarak antar sayap juga harus diperhatikan (di gambar sebelah, kak Rahma lagi mengamati jarak sayap). Kalau di percobaan mas Yudhis dan Tata, yang meluncur ke atas adalah tutupnya, maka di percobaan Rahma dan Rafif posisinya berbeda, tutupnya ada di bawah, jadi yang meluncur adalah badan tempat film yang dilapisi oleh badan roket yang sudah dibuat.
Kami mencobanya beberapa kali, sayangnya kak Rahma tetep aja nggak berani mencoba sendiri, hanya menonton dan menyiapkan bahannya saja.
Alhamdulillah, anak-anak sangat senang bisa membuat roket mini sekaligus membuat peluncurnya. Mereka berniat akan mempratekkan di sekolah, mengajak teman-temannya.
Sebelumnya, mereka sudah biasa membuat dan bermain roket air dari botol bekas softdrink, untuk meluncurkannya harus nyari lahan lapang dulu karena bahaya banget pas meluncur jatuhnya. Pas liat ada roket mini yang bisa mereka luncurkan di halaman rumah, mereka sangat senang.
Cara membuatnya :
  1. Buat badan roket terlebih dahulu, ukurlah sesuai dengan tempat film yang ada.
  2. Isi botol bekas film dengan air, setengahnya saja.
  3. Tambahkan satu sendok teh asam citrat ke dalmnya.
  4. Isi tutup botol dengan soda kue, lalu mampatkan (ditekan-tekan)
  5. Tutup dan balik dengan segera letakkan di atas permukaan yang rata
***Ada yang mau beramal tempat bekas film???*** (please…) kami menerima dengan senang hati.
Catatan :
  • Karena meluncurnya lurus ke atas, posisi badan harus diperhatikan agar tetap aman saat roket meluncur.
  • Percobaan ini harus dilakukan dengan pendampingan, karena proses meluncurnya sangat cepat dan lumayan mengagetkan. Meluncurnya juga lumayan tinggi.
  • Asam Citrat bisa dibeli di toko bahan kue (maaf diinformasikan di sini, soalnya dulu kami juga nggak tahu kalau dijual di toko kue)
COPAS DARI (.-.)/ klik saya THANKS SOB!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peraturan - Peraturan

1.) Jangan mengandung makna makna jorok, sara , porno , dsb
2.) Tidak boleh beriklan sebab ini bukan blog iklan
3.) Jangan mencantumkan kata kata tidak pantas seperti "F*ck , Sh*t , Anj*ng , A*u,dll"
4.) Dilarang Spam!

Jika ingin bertanya anda tinggal bertanya saja ✌ peace..
Harap berkomentar yang sewajarnya dan sebaiknya mengunakan bahasa yang formal dan sopan

Iklan